Tips Belanja Online Agar Aman dan Nyaman
Dunia maya
(internet) dapat menyediakan hampir semua hal yang kita butuhkan, jika Anda
setuju, maka silahkan lanjutkan membaca tulisan ini, jika Anda belum setuju,
maka pelajarilah tulisan ini agar Anda bisa jadi setuju, jadi intinya silahkan
dibaca saja ya.
Pengguna
internet di Indonesia terus bertambah, webstore (toko online) juga banyak
dimanfaatkan untuk memasarkan barang. Belanja Online merupakan suatu pilihan
praktis, apalagi Indonesia merupakan negara kepulauan yang konsentrasi
penduduknya di pulau Jawa. Anda yang berada di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi,
atau Papua tidak perlu repot-repot datang ke Jakarta atau kota lainnya untuk membeli
suatu produk, cukup surfing di internet cari web yang dituju, pilih-pilih,
transfer uangnya tinggal tunggu deh barangnya datang. Anda yang berada di
perkotaan yang mungkin kesal terjebak kemacetan, malas berdesakan di mall atau
sibuk pekerjaan, belanja online adalah solusinya. Namun walaupun ada beberapa
kemudahan, kewaspadaan diperlukan mengingat kita tidak bertatap langsung dengan
si penjual, berikut beberapa tips agar kita tidak tertipu waktu berbelannja
online :
- Lebih terpercaya jika toko online tersebut juga mempunyai toko offline, toko secara fisik dengan alamat yang jelas dan lengkap. Hal ini akan memudahkan pelanggan dalam urusan services after sales, jadi jika ada masalah dengan produk yang dibeli akan lebih mudah penanganan garansinya.
- Waspadai toko online yang menggunakan hosting atau nama domain yang gratisan. Walaupun tidak semua hosting yang gratisan melakukan penipuan tapi dari beberapa kasus bahwa setelah beberapa costumer mentransfer sejumlah uang toko online tersebut langsung tidak aktif atau berganti nama domain.
- Periksa reputasi toko online tempat anda belanja. Sebuah webstore atau yang lazim disebut toko online ini dapat dengan mudah dicari di internet melalui mesin pencari seperti google. Bila ingin berbelanja ke toko online ini sebaiknya periksa apakah situs ini baru atau tidak, banyak pengunjung dan jumlah anggota (member), bisa cek juga peringkat Alexa dan PageRank-nya. Semakin lama situs eksis dan jumlah membernya banyak dapat dipastikan toko online tersebut bagus dan terpercaya.
- Cari referensi kepuasan pelanggannya. Setiap penjual online membutuhkan testimonial dari para pelanggannya untuk membuktikan dia adalah penjual terpercaya (recommended seller). Ini bisa kita manfaatkan untuk mencari informasi lebih. Cek apakah banyak sanjungan atau komplain.
- Toko online yang komunikatif biasanya ada fasilitas chating gratis (BBM, Yahoo Messenger, Gtalk, dll), lihat seberapa sering pengelola toko-online tersebut online, jika sering online itu pertanda bahwa kita bisa menghubungi setiap saat.
- Pastikan toko online tersebut mempunyai nomor telepon yang valid, lebih bagus jika mempunyai nomor lebih dari 1 (satu). Lebih bagus juga jika toko online tersebut mempunyai kontak lainnya, misal: BBM, YM, Gtalk, Email, dll.
- Lakukan komunikasi dengan pengelola toko online melalu telepon, SMS, BBM, Email atau chating, dari komunikasi ini dapat di ketahui apakah info kontak itu benar/palsu.
- Sebelum melakukan pemesanan, bertanyalah mengenai produk yang dijualnya, ketersediaan produk tersebut, garansi dan hal lainnya yang Anda anggap penting.
- Pastikan produk toko online tersebut mempunyai garansi. Biasanya garansi tergantung dari manufaktur merk produk.
- Cermatlah dalam memilih suatu produk, perhatikan spesifikasinya apakah cocok dengan keperluan kita kalau itu fashion apakah cocok dengan tubuh kita.
- Catat kode produk yang anda pesan, karena pengelola toko online akan mengkonfirmasi pesanan Anda berdasar kode produk tersebut.
- Karena sekarang sudah banyak ATM bersama, transfer antar bank bukan menjadi masalah, transfer-lah dengan angka unik agar cepat dikenali oleh pengelola toko online, misalnya nilai transfer Rp 300.000,- maka transfer-lah dengan angka unik misalnya Rp 300.075, jika sudah ditranfers segera konfirmasi via sms ke pengelola toko online agar pesanan anda segera diproses. Simpanlah struk transfer.
- Toko online yang baik akan menyediakan fasilitas COD (Cash On Delivery) untuk lokasi pelanggan yang dekat dengannya. COD merupakan fasilitas khusus untuk pelanggan yang biasanya masih sekota dengan toko online tersebut. COD dapat membuat pelanggan merasa sangat aman dan nyaman, karena barang diantar ke pelanggan, kemudian bisa diperiksa kondisi barangnya, setelah yakin baru dibayar.
- Mintalah jasa pengiriman yang menggunakan plus asuransi agar barang aman dan ada penggantian yang wajar jika hilang/rusak dalam pengiriman.
- Mintalah no resi pengiriman, ini berguna apabila barang tidak kunjung datang kita bisa mengecek ke jasa ekspedisi pengirimannya (JNE, PT Pos, Tiki, dll).
- Jika barangnya sudah diterima cek apakah barang tersebut dalam kondisi baik dan sesuai dengan pesanan kita.Kerusakan barang dapat diakibatkan 2(dua) macam yaitu :
- Kerusakan memang barang tersebut sudah cacat. Jika hal ini terjadi segera lakukan komplain ke pengelola toko online, toko online yang baik akan segera mengganti barang tersebut dengan yang baru atau mengembalikan uang Anda.
- Kerusakan akibat pengangkutan Segera komplain ke penyedia jasa pengiriman dan informasikan juga ke pengelola toko online untuk melakukan komplain dimana barang tersebut dikirim.
Siap belanja di QS Watch Zone.....!?
Saya rasa Anda siap.
Thank’s